SILABUS BAHASA INDRAMAYU KELAS 5 SEMESTER 2
SILABUS BAHASA INDRAMAYU SEKOLAH DASAR
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indramayu
Kelas : V (Lima)
Standar Kompetensi:
1. Mendengarkan (mirengaken) : Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan beragam dongeng, dongeng asal usul, dongeng sato kewan(fable).
2. Berbicara (wiraos) : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
3. Membaca (maos) : Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa (dentawyanjaya)
4. Menulis (nyerat) : Mampu menulis huruf jawa (dentawyanjaya), surat, dan karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai kaidah bahasa
Wulangan | Tema | Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Belajar | Materi Pokok | Penilaian | Alokasi waktu | Sarana dan Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
| Gena Plesiran Damel Serat Susunan Keluargi Dolanan Kedadian | Membaca (maos) teks bacaan panjang Gena Plesiran Nyerat (menulis) Aksara Jawa (Dentawyanjaya) dan mengenal tembung Wiraos (berbicara) dengan bahasa yang santun Mirengaken (mendengarkan) cerita hewan Membaca (maos) teks bacaan “ Marni Damel Serat” Nyerat (menulis) surat dan mengenal tembung penggandeng Mirengaken (mendengarkan) asal usul suatu desa Wiraos (berbicara) ngulas gambar Maos (membaca) susunan keluargi Nyerat (menulis) Aksara Jawa (Dentawyanjaya) dan sandangan serta mengenal tembung, tembung panyilah Wiraos (berbicara) menyebutkan arti pekakas rumah tangga Mirengaken (mendengarkan) cerita hewan Maos (membaca) wacana Nyetat (menulis) Mengenal tembung lingga Mirengaken (mendengarkan) cerita rakyat Dermayon Wiraos (berbicara) guneman Maos (membaca) wacana kedadian Nyertat (menulis) ukara dan tembung camboran Mirengaken (mendengarkan) dongeng sato kewan /fable Wiraos ( berbicara) ngulas gambar | · Menjawab pertanyaan Bacaan · Menyimpulkan isi bacaan · Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri/ragam tertentu · menulisa huruf Jawa · Mentransliterasi ke dalam huruf latin · Mengenal tembung wilangan (kata bilangan) · Mengenal tembung ancer-ancer (kata depan) · Mempraktekan teks percakapan dengan pengucapan dan intonasi yang benar · Membuat percakapan dengan bahasa sendiri dengan santun dan benar · Mencatat tokoh-tokoh cerita dan perwatakannya · Menceritakan kembali dengan bahasa sehari- hari · Menyimpulkan isi cerita · Menjawab pertanyaan Bacaan · Menyimpulkan isi bacaan · Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri · Memperhatikan kaidah penulisan surat · Membuat surat pribadi · Membuat contoh tembung penggandeng · Mencatat tokoh-tokoh cerita dan perwatakannya · Menceritakan kembali dengan bahasa sehari- hari · Menyimpulkan isi cerita · Menceritakan gambar dengan bahasa sendiri · Menulis cerita sesuai gambar · Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat · menyimpulkan isi bacaan · menjawab pertanyaan sesuai bacaan · Menulis sandangan Swara · Menulis dengan aksara jawa · Mentransliterasi ke dalam huruf latin · Megenal tembung penyeru · Mengenal tembung panyilah · Menyebutkan gambar-gambar terus mengartikannya dan menyebutkan kegunaannya · Menyebutkan nama alat, bahannya, dan kegunaannya · Mendengarkan cerita hewan · Mencatat tokoh-tokoh cerita · Menceritakan gambar · Membaca nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang benar · Menjawab pertanyaan sesuai isi teks · Menyebutkan tembung lingga (kata dasar) · Menyebutkan tembung andahan (kata jadian) · Mendengarkan cerita rakyat · Mencatat tokoh-tokoh cerita · Menceritakan kembali cerita yang didengar · Mempraktekan teks percakapan dengan pengucapan dan intonasi yang benar · Membuat percakapan dengan bahasa sendiri dengan santun dan benar · Menanggapi persoalan yang ada dalam gambar · Membaca intensif teks bacaan · Menjawab pertanyaan bacaan · Menulis tembung · Dongeng dengan tema sato kewan · Menerangkan gambar yang dilihat | · Membaca pemahaman (dalam hati) teks bacaan dengan tema “Gena Plesiran.” · Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks · Menyimpulkan isi bacaan · Menceritakan kembali secara lisan teks bacaan dengan bahasa sendiri · Menyalin tulisan dari aksara latin ke aksara jawa · Menyalin tulisan dari bilangan latin ke bilangan jawa · Mengajukan pertanyaan tentang huruf yang sulit dibaca · Membuat tembung wilangan (bilangan) · Membuat tembung ancer-ancer (kata depan) teng,ning,sing,saking,saking pundi · Membaca sekilas teks dialog · Melafalkan kalimat dialog dengan jelas dan lancer · Memerankan dialog sesuai dengan perannya · Membuat teks percakapan sendiri · Mempraktekan teks percakapan yang dibuatnya · Mendengarkan cerita hewan yang disampaikan guru · Mencatat tokoh-tokoh cerita dan wataknya · Menceritakan kembali dengan bahasa sehari-hari · Menyimpulkan isi cerita · Membaca pemahaman (dalam hati) teks bacaan dengan tema “damel serat.” · Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks · Menyimpulkan isi bacaan · Menceritakan kembali secara lisan teks bacaan dengan bahasa sendiri · Membaca contoh surat · Menjelaskan beberapa aturan/ketentuan penulisan dan bahasa surat · Menulis surat untuk teman · Membacakan surat yang ditulisnya · Menulis surat untuk orang tua atau keluarga · Membuat contoh tembung penggandeng : supados, nanging, ananging, mung, utawa, sanajan, lan, lantas, sareng, teras, lan lajeng.seperti yang dicontohkan oleh guru · Mendengarkan cerita asal usul desa yang disampaikan guru/ · Mencatat tokoh-tokoh cerita dan wataknya · Menceritakan kembali dengan bahasa sehari-hari · Menyimpulkan isi cerita · Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang dibacakan guru/teman · Memperhatikan gambar yang disuguhkan oleh guru · Menceritakan gambar sesuai bahasa sendiri dengan memperhatikan santun berbahasa · Mencatat cerita sesuai gambar · Membaca teks bacaan yang berjudul “Pandawa Lima” dengan batasan waktu tertentu · Menjawab pertanyaa dari bacaan yang dibacanya · Menceritakan kembali teks bacaan yang telah dibacanya · Menyebutkan tingkatan keluarga sampai 7 turunan · Memberikan sandangan swara pada aksara jawa dan membacanya · Berlomba menulis huruf Jawa dari hasil translit · Mengajukan pertanyaan tentang huruf yang sulit dibaca · Membuat contoh tembung panyru (kata seru) yang menunjukan rasa seneng, rasa kaget, rasa gumun, rasa kecewa, rasa susah, rasa ngenes lan rasa dugal · Membuat contoh tembung panyilah (kata sandang) si, sri, sang, para, ingkang, kang, sing. · Menyebutkan nama-nama pada gambar · Menyebutkan arti nama gambar tersebut · Menyebutkan kegunaannya · Menyebutkan bahan yang digunakan untuk membuatnya. · Mendengarkan cerita “Tikus Kirang Ati-Ati “yang dibacakan guru/teman · Mencatat tokoh-tokoh cerita · Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang dibacakan · Membuat cerita sesuai gambar · Membaca teks wacana dengan nyaring · Mencatat kata-kata yang sulit dalam wacana · Mencari arti kata sulit dalam kamus bahasa Indramayu · Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan · Membuat contoh tembung lingga swanda (satu suku kata) · Membuat contoh tembung lingga rong wanda (dua suku kata) · Membuat contoh tembung lingga telung wanda (tiga suku kata) · Membuat contoh tembung lingga patang wanda ( Empat suku kata) · Membuat contoh tembung andahan (kata jadian) berupa awalan, sisipan, akhiran · Mendengarkan cerita rakyat “Riwayat Nyi Junti” yang dibacakan guru/teman · Mencatat tokoh-tokoh cerita · Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang dibacakan · Melakukan dialog/percakapan sesuai dengan teks bacaan · Memerankan tokoh dalam dialog tersebut · Menceritakan kembali dialog tersebut dalam bentuk narasi (cerita) · Menyimpulkan isi dialog · Menanggapi persoalan dalam gambar yang disajikan guru/teman · Membaca teks bacaan yang berjudul “Banjir” dengan batasan waktu tertentu · Menjawab pertanyaa dari bacaan yang dibacanya · Menceritakan kembali teks bacaan yang telah dibacanya · Membuat contoh tembung camboran (kata majmuk) · Membuat ukara cerita (kalimat berita) · Membuat ukara pakon/ngengken (kalimat perintah) · Membuat ukara pitakon (kalimat Tanya) · Membuat ukara sambawa (kalimat pengharapan) · Membuat ukara sananta (kalimat pengharapan) · Mendengarkan cerita Kancil dan buaya yang dibacakan guru/teman · Menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang didengarnya · Membuat dongeng sendiri dengan tokoh hewan (fable) · Memperhatikan gambar yang ada dalam buku bacaan · Menceritakan gambar dengan bahasa sendiri sesuai dengan urutannya | Teks bacaan cerita Tirtamaya aksara Jawa bilangan Jawa tembung wilangan tembung ancer-ancer Catur Gunem Teks cerita yang dibacakan guru Teks bacaan Marni damel serat Nyerat (menulis) v Asal-usule desa Banjar sareng keteke v Arya Wiralodra Babad Padukuan Dermayu Wiraos (berbicara) Pandawa Lima v Nyerat (menulis) aksara jawa v Tembung panyeru v Tembung panyilah Nama-nama perkakas rumah tangga Cerita Tikus Kirang Ati-ati Teks bacaan Odong-odong Ngenal tembung Teks bacaan Riwayat Nyi Junti Guneman Teks bacaan Banjir Nyerat (menulis) tembung Dongeng Kancil dan buaya Wiraos (berbicara) Gambar seri | Alternatrif penilaian: - Tertulis - Performa - Kinerja - Portofolio - Produk/ Hasil Alternatrif penilaian: - Tertulis - lisan - Performa - Kinerja - Portofolio - Produk/ Hasil | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP | Buku Genau Basa Indramayu 5 Penerbit : Tiga Serangkai Buku Genau Basa Indramayu 5 Penerbit : Tiga Serangkai |
Mengetahui,
Kepala SDN Tanjungkerta II
P A R I M A N
NIP. 195307271977031004
Tanjungkerta,.........................2011
Guru Kelas V
T A R M I D
NIP.198206162008011003
Komentar