KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN MID SEMESTER GENAP |
TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
| : B. INDRAMAYU |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas |
|
| : V (LIMA) |
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu |
| : 90 Menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Soal |
| Pilihan Ganda |
| : 20 Butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Jawaban Singkat |
| : 5 Butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Uraian |
| : 5 Butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Mengarang |
| : 1 Butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | NOMOR SOAL | BENTUK SOAL | BOBOT SOAL | SKOR | KET |
MDH (50%) | SDG (30%) | SKR (20%) |
(1) | (2) | (3) | | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
1. | Mendengarkan (mirengaken) | 1. | Mengenal cerita rakyat daerah | Memahami nama-nama tempat yang ada di Indramayu | 8 | PG | √ | | | 1 | |
| Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan beragam dongeng, cerita pendek, cerita rakyat, dan dialog | 2. | Memahami dialog | Menyelesaikan teks dialog yang tidak lengkap | 3 | PG | √ | | | 1 | |
| | 3. | Memahami dongeng | Mencatat tokoh-tokoh cerita dan wataknya | 4 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | Menyimpulkan isi cerita | 5 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | Membetulkan kalimat yang salah | 18 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | | | | | | | |
2. | Berbicara (wiraos) | 1. | Berbicara dengan bahasa yang santun | Merubah bahasa ngoko menjadi bahasa krama | 1 | JS | | √ | | 10 | |
| Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu | | | | 2 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | | 3 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | | 4 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | | 5 | JS | | √ | | 10 | |
| | 2. | Mendeskripsikan benda atau alat | Menyebutkan nama-nama alat, bahan dan kegunaannya | 14 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | 15 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | 17 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Menyebutkan gambar-gambar, mengartikan dan menyebutkan kegunaannya | 16 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | | | | | | | |
3. | Membaca (maos) | 1. | Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi bacaan | Membaca dan memahami teks bacaan lalu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks | 1 | JS | | √ | | 10 | |
| Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan teknik membaca cepat untuk mendapatkan informasi dan mampu membaca huruf dentawijayana/huruf jawa |
| | | 2 | JS | | √ | | 10 | |
| | | | | 3 | JS | | √ | | 10 | |
| | 2. | Membaca aksara dentawijayana | Membaca huruf jawa | 4 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Membaca angka jawa | 5 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | | | | | | | |
4. | Menulis (Nyerat) | 1. | Menulis karangan | Membuat karangan sesuai gambar | IV | Karangan | | | √ | 10 | |
| Mampu menuangkan beberapa pikiran, gagasan, pendapat, dalam bentuk tulisan serta mampu menulis huruf dentawijayana/huruf jawa | 2. | Menulis aksara jawa | Mengenal sandangan swara | 11 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | | 12 | PG | √ | | | 2 | |
| | 3. | Mengenal tembung | Memahami tembung wilangan | 1 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Memahami tembung ancer-ancer | 2 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Memahami tembung penggandeng | 6 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Memahami cara nulis alamat serat | 7 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Memahami tembung panyeru | 13 | PG | √ | | | 1 | |
| | 4. | Susunan keluarga | Menyebutkan tingkatan keluarga sampai 7 turunan | 9 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | | 10 | PG | √ | | | 1 | |
| |
| | Menentukan nama hari | 19 | PG | √ | | | 1 | |
| | | | Menentukan nama wiji | 20 | PG | √ | | | 1 | |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar