PINTU-PINTU REZEKI

Pintu-pintu rezeki sebenarnya banyak baik yang bisa dikalkulasi dan diprediksi manusia maupun yang tidak bisa dijangkau oleh akal kita. Keuletan, profesional contohnya, secara sunatullah diyakini sebagai salah satu pembuka kunci rezeki.
Namun pada kesempatan kali ini akan saya tulis diantaranya saja:
1. ISTIGHFAR DAN TAUBAT
    Sebagaimana yang dijanjikan Allah dalam Q.S Nuh[71]:10-12.
Ibnu Kastir menjelaskan," Istighfar dan bertaubat dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu dan memudahkan rezeki untuknya, serta akan menjaga keadaan dirinya.
2. TAWAKAL KEPADA ALLAH
    Tawakal berarti bersandar pada Allah SWT serta melakukan upaya semaksimal mungkin dengan berbagai perangkat dan sarana yang diberikan Allah SWT kepada kita; baik dengan menggunakan jasmani atau akal dan sarana lainnya yang telah diciptakan Allah SWT di muka bumi ini. Sebagaimana janjinya dalam Q.S Ath-Thalaq [65]:3
3. FOKUS DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH SERTA MEMBERIKAN PERHATIAN PENUH PADANYA
    Nabi Muhammad SAW bersabda
" Sesungguhnya Allah SWT berfirman," wahai anak adam, fokuskan ibadahmu sepenuhnya pada-Ku, niscaya akan aku penuhi kekayaan didadamu dan Aku tutupi kemiskinanmu. Jika kamu tidak mau melakukan hal itu, maka akan Aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan sudi menutupi kafakiranmu'." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
4. SILATURAHIM:MENYAMBUNG JALINAN KEKERABATAN
    Sahabat Anas RA meriwayatkan bahwa Rasulallah SAW bersabda:
"Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung hubungan dengan kerabatnya (silaturahim)." (HR. Bukhari).
     Para ulama mengatakan," makna dilapangkan rezeki artinya adanya kebarokahan didalamnya, sedangkan pemanjangan umur artinya didapatkannya sehat jasmani. 
5. BERINFAK DI JALAN ALLAH DAN BERSEDEKAH
    Ayat al-Quran yang menyatakan bahwa mendermakan sebagian harta di jalan Allah SWT merupakan salah satu kunci kelapangan rezeki adalah:
a). Q.S Saba'[34]:39.
     ".....dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya. Dialah Pemberi Rezeki sebaik-baiknya."
b). Q.S Al-Baqarah [2]:245.
     " Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipat ganda bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
c). Hadis qudsi
           "Berinfaklah kamu, niscaya Aku pun akan berinfak kepadamu!."
5. BERBUAT BAIK SERTA MENYANTUNI KAUM FAKIR DAN DHU'AFA
    Nabi Muhammad SAW bersabda:
    " Sesungguhnya kalian itu diberi rezeki dan diberi pertolongan disebabkan oleh kaum dhu'afa kalian." (HR. Bukhori, Tirmidzi, Nasa'i, Abu Dawud dan Ahmad)
6. MENEGAKAN SYARI'AT ALLAH DAN HIJRAH DI JALANNYA
    Sebagaimana yang dijanjikan Allah dalam 
    Q.S Al-Maidah [5]:66 menerangkan tentang jaminan Allah pada orang-orang yang menegakan syari'at Allah.
    Q.S An-Nisa [4]:100 menerangkan tentang hijrah. 
barangkali rizki yang Allah berikan kepada kita yang tertutup di kampung ini Allah akan buka di kampung lain karena Bumi Allah itu luas.
7. BERDO'A DAN BERDZIKIR
    Dasarnya adalah firman Allah dalam Q.S Thaha [20]:124
" barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit....."
Sabda Nabi Muhammad SAW.
" Berlindunglah kalian kepada Allah SWT dari kefakiran, kekurangan, kehinaan, serta dari perbuatan dzalim atau didzalimi." (HR Nasa'i dan Abu Dawud
8. BERPAGI-PAGI DALAM MENCARI REZEKI
Dalam hadits Nabi Muhammad SAW bersabda,
 "Berpagi-pagilah kalian dalam mencari rezeki, karena waktu pagi itu penuh kebarokahan dan keberhasilan". HR Ahmad dan Baihaqi.
  Wasalam........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP BAHASA INDRAMAYU KELAS 5 SEMESTER 2